• Home
  • Blog
  • Kenapa Jumlah Views Youtube Bisa Berkurang? ini alasannya.
kenapa views youtube berkurang

Kenapa Jumlah Views Youtube Bisa Berkurang? ini alasannya.

Halo Sobat JasaViral! Gimana Kabarnya? Semoga selalu sehat yaa. JasaViral Blog kali ini akan membahas Kenapa Jumlah Views Youtube Bisa Berkurang? Di zaman seperti sekarang, rasanya hampir semua orang pasti memiliki akun YouTube. Akun tersebut bisa menjadi akun pribadi, akun untuk personal branding sampai akun untuk menjadi media pemasaran bisnis. YouTube adalah layanan video hosting yang memiliki fitur–fitur yang memungkinkan untuk orang–orang di seluruh dunia dapat berinteraksi. Dengan hal tersebut, tak jarang pebisnis melakukan promosi produk untuk memberikan layanan pada pelanggan bisnisnya. Namun, akhir–akhir ini sedang beredar isu bahwa jumlah views di video tertentu mengalami penurunan.

Sejumlah orang berpendapat bahwa penurunan dalam beberapa video dikarenakan YouTube mengubah kebijakan dalam hal perhitungan jumlah penontonnya. Ada pula pendapat lain yang mengatakan bahwa YouTube melakukan intervensi kepada bot agar menghindari kecurangan. Bot biasanya digunakan untuk meningkatkan jumlah penonton dalam sebuah video dengan sengaja dalam maksud mendapatkan angka view yang tinggi secara instan. Tetapi, ada pendapat yang menjelaskan bahwa kemungkinan YouTube melakukan perubahan algoritma dimana penonton justru akan lebih jarang menemukan video dari akun-akun yang telah disubscribe.

BACA JUGA: Tingkatkan Jumlah Likes pada Video Youtube dengan Cara ini

Lalu, mengapa bisa terjadi penurunan views? Dan apa alasannya? Yuk simak beberapa ulasan berikut.

Trafik Meningkat, Iklan Malah Turun

kenapa views youtube berkurang

Para kreator menduga salah satu penyebabnya adalah berhenti atau berkurangnya iklan Youtuber antara lain memperoleh pendapatan dari penonton yang melihat iklan (tanpa skip) di videonya. Iklan dihitung berdasarkan CPM (Cost Per Mile) atau komisi per 1.000 penonton. Para pengiklan akan berlomba-lomba menawarkan harga terbaik agar iklannya terpampang di video tersebut.

Semakin banyak iklan masuk, penawaran bisa semakin tinggi karena sengitnya kompetisi. Begitu juga sebaliknya, semakin sedikit pengiklan, penawaran juga akan berkurang karena minimnya kompetisi antar pengiklan.

Perubahan Algoritma Youtube

kenapa views youtube berkurang

Selanjutnya ada 2 Perubahan yang diterapkan Youtube untuk perubahan Algoritmanya, yaitu Tujuan Youtube Mengubah Algoritma dan Faktor yang akan mempengaruhi Algoritma Youtube.

Tujuan Youtube Mengubah Algoritma

Ada lebih dari 300 jam video yang di unggah melalui YouTube pada setiap menitnya, yang berarti algoritma YouTube harus berfungsi untuk mencocokkan kebutuhan penonton. Sama seperti Google, YouTube juga berfungsi sebagai mesin pencari. Sehingga para pekerja di balik algoritma YouTube, harus bekerja keras untuk memastikan penonton bisa mendapatkan konten yang sesuai dengan kebutuhannya.

Faktor yang Akan Mempengaruhi Algoritma Youtube

Walaupun algoritma YouTube selalu berganti, tapi ada setidaknya dua faktor utama yang selalu diperhatikan oleh YouTube yakni, Faktor pertama adalah engagement. YouTube akan menilai seberapa banyak penonton yang memberikan komen, like, dan membagikan videomu. YouTube juga akan melihat bagaimana engagement tersebut. Apakah positif atau negatif. Faktor selanjutnya adalah, metadata. Selain engagement, YouTube juga perlu memastikan bahwa metadata yang kamu cantumkan mulai dari judul, keywords, hingga deskripsi sesuai dengan yang dicari oleh pengguna YouTube. 

Itu dia Sobat beberapa ulasan mengenai Kenapa Jumlah Views Youtube Bisa Berkurang. Jadi, gimana? udah tau, bukan? Kenapa Youtube Menerapkan hal tersebut. Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk Sobat JasaViral yaa.

Untuk Sobat yang ingin memiliki banyak Follower Instagram, Susbcriber, likes dan jam tayang Youtube, Sobat bisa kunjungi website kami dan akan kami bantu untuk menambahkan Follower, Subscriber, likes dan jam tayang sesuai yang Sobat inginkan. Untuk info detail, Sobat bisa hubungi kami.

BACA JUGA: 10 Peluang Usaha Baru 2021

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe today

Subscribe our Newsletter

Dolor sit Mollitia harum ea ut eaque velit.

Trending now

Popular Blog Posts

Dolor sit Mollitia harum ea ut eaque velit.